Kamis, 13 November 2008

BAB I PENDAHULUAN

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan sebagaimana yang disebut dalam pasal 33 UUD 1945. Salah satu bentuk badan usaha yang cocok dengan pasal tersebut adalah koperasi. Koperasi mempunyai tujuan utama untuk memajukan kesejahteraan ekonomi anggota khususnya, masyarakat pada umumnya. Koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang dan berbadan hukum yang merupakan tata susun ekonomi sebagai badan usaha berdasarkan azas kekeluargaan.

Kemajuan ilmu pengetahuan ditandai dengan perkembangan teknologi sehingga banyak dihasilkan alat-alat canggih dan mutakhir. Salah satu perkembangan teknologi saat ini yang terasa begitu cepat adalah teknologi informatika.

Komputer merupakan suatu alat yang membantu pekerjaan manusia khususnya pengolahan data menjadi informasi. Sudah menjadi kenyataan setiap instansi maupun perusahaan swasta atau perusahaan pemerintah menggunakan jasa komputer untuk memudahkan pekerjaan administrasi, baik itu perhitungan, menyimpan data ataupun pekerjaan lainnya.

Koperasi simpan pinjam pegawai negeri (KPN) Kecamatan Guguak Panjang Bukittinggi telah menggunakan komputer dalam membantu proses kegiatan, tetapi komputer belum digunakan secara optimal karena masih diproses secara manual dengan program aplikasi Windows yang ada.

Pada sistem manual, manusia merupakan pelaksana pengolah data. Meskipun manusia memiliki kemampuan untuk melaksanakan pengolahan data perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian, namun tidak dapat diandalkan untuk mengolah data yang banyak dengan ketelitian yang tinggi, sebab kemampuan dan kecepatan manusia terbatas karena adanya rasa letih dan bosan.

Dengan bantuan komputer, mengolah data dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat serta tidak akan memerlukan waktu lama dan tidak menyulitkan bagi pengurus koperasi dalam pengolahan data simpan pinjam karena sistem kerja lebih cepat dari sistem kerja manusia.

Oleh karena itulah penulis dalam penyusunan tugas akhir ini akan menganalisa dan membuat program aplikasi terkomputerisasi dengan judul “ SISTEM PENGOLAHAN DATA SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI PEGAWAI NEGRI (KPN) DI KECAMATAN GUGUAK PANJANG BUKITTINGGI ”.


B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, dapat diidentifikasikan masalah-masalah seperti berikut:

1. Memerlukan waktu yang lama dalam melakukan transaksi simpan pinjam karena masih menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

2. Tidak bisa membuat laporan anggota setiap saat jika dibutuhkan, walaupun dapat dilakukan butuh waktu yang tidak sedikit.

3. Sulit untuk mengetahui berapa jumlah pinjaman dan angsuran anggota koperasi.

C. Batasan Masalah

Agar pembahasan dalam penelitian ini lebih terfokus maka permasalahan yang dibahas dibatasi sebagai berikut:

1. Masalah yang akan dibahas hanya sebatas pengolahan data simpan pinjam pada Koperasi Simpan Pinjam (KPN) Di Kecamatan Guguak Panjang Bukittinggi.

2. Perancangan program aplikasi yang dibuat menggunakan perancangan program aplikasi dalam bahasa Visual Basic 6.0.

D. Tujuan dan Manfaat Penulisan Tugas Akhir

1. Tujuan Tugas Akhir ini adalah:

a. Untuk membuat suatu sistem informasi pengolahan database simpan pinjam pada koperasi pegawai negeri (KPN) di Kecamatan Guguak Panjang Bukittinggi.

b. Sebagai acuan dan bahan pertimbangan untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistem kerja yang sedang berjalan.

c. Salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Muda Diploma III (D.III) Komputer pada Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer (STMIK Indonesia).

2. Manfaat Penulisan Tugas Akhir ini adalah:

a. Menambah pengalaman dan meninjau sejauh mana kemampuan penulisan dalam membahas permasalahan yang penulis lakukan dengan yang diperoleh diperkuliahan.

b. Mempermudah pengolahan data simpan pinjam pada koperasi pegawai negeri (KPN) di Kecamatan Guguak Panjang Bukittinggi.

E. Metodelogi Penelitian

Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode:

1. Metode Pengumpulan Data

Penelitian Lapangan (Field Research)

Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data langsung dari tempat yang dijadikan objek penelitian terhadap kebutuhan data yang diperlukan dalam penulisan tugas akhir. Data tersebut diperoleh dari wawancara langsung dengan petugas yang berwenang maupun dari arsip-arsip yang ada.

2. Metode Pembahasan / Pengolahan

Penelitian Labor (Laboratory Research)

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh suatu disain program yang sesuai, membuat program, menguji program serta memferivikasikan program yang dilakukan di laboratorium komputer.

3. Metode Pustaka (Library research)

Disamping melakukan observasi penulis juga menggunakan buku-buku penuntun yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi. Buku-buku yang mendukung, Buku Analisis dan Design, Buku Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0, Buku Pengenalan Komputer.

6 komentar:

AL Cell mengatakan...

saya minta filenya ya
kirim ke e-mail saya
lasarudin_macho@yahoo.com

AL Cell mengatakan...

tolong secepatnya ya

ayu_fero mengatakan...

saya minta filenya y, tolong kirim k email saya one_me86@yahoo.com, tolong segera ya....

Emas Hijau Jaya mengatakan...

Aslmkm. saya telah membaca tulisan mbak. terima kasih. Ini adalah tulisan yang menarik dan sangat membantu. saya ifal. sekarang saya masih kuliah di jurusan matematika Universitas syiah kuala, Banda Aceh. Dan sekarang saya sedang mengambil mata kuliah salah satunya yaitu Basis Data. Oya mbak, setelah saya baca, ada sesuatu yang kurang, yaitu gambarnya yang tidak muncul di blog ini. saya tidak tau penyebabnya. atau, kalau mbak bersedia membantu saya dalam hal Basis Data, saya harap mbak bersedia share file dari tulisan mbak ini ke email saya. (zifal_zee[at]yahoo.com).
Terima kasih ya mbak. semoga mbak sukses. oya mbak, saya tunggu email dari mbak ya. salam hangat buat mbak lisa.

Good Luck

ANEKA RAGAM INFORMASI mengatakan...

assalamualaikum kk lisa....saya ingin sekali mendapatkan info lengkap tentang TA kk...krn data-data yg kk share di blog ada sebagian yg hilang mohon bantuannya ya kk...klw tidak berkeberatan dikirim ke email saya ya kk (m.yusan@ymail.com)..krn saya ingin mempelajari data koperasi kk itu...sekali lagi mksh bnyk ya ka...mohon maaf klw sudah membuat susah kk lisa...assalamualikum...

Nur Khomariyah mengatakan...

Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.